Warga Pelangai Gadang, Kecewa Jalan Limau Sundai Dibiarkan Rusak

Pesisir Selatan, halKAhalKI.com | Rusaknya jalan Limau Sundai Kenagarian Pelangai Gadang Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat kerap dikeluhkan warga akibat buruk dan rusaknya jalan tersebut dan sering mengakibatkan kecelakaan bagi pengendara sepeda motor. Akibat kekesalan yang memuncak dikarenakan kondisi jalan tersebut rusak dan tak kunjung di perbaiki, membuat warga melakukan pemblokiraan ruas jalan, Minggu(16/2/2020).

Hal tersebut dikeluhkan warga setempat, Edo . "Sebenarnya, aksi pemblokiran jalan oleh warga sudah pernah dilakukan agar tidak lagi dilewati oleh kendaraan yang keluar masuk PT. Dempo dan itu sudah ada perbaikan, namun perbaikan yang dikerjakan malah menambah kerusakan jalan," ujarnya kepada jurnalis.

Pantauan jurnalis, kondisi jalan di lokasi Kenagarian Pelangai Gadang terlihat rusak dan membahayakan bagi pelintasnya, tikungan tajam serta batu yang  pecah sangat membahayakan pengendara jika kurang waspada.





“Sudah dua kali kami lakukan aksi protes sebagai warga Kenagarian pelangai Gadang, terutama desa Taratak Paneh dan Limau Sundai melakukan pemblokiran jalan. Tujuan warga melakukan hal tersebut guna untuk keamanan pengendara, seperti yang sudah-sudah, kecelakan roda dua sering terdengar di telinga kami,” sebut Edo.

Warga juga akan terus melakukan aksi blokir jalan jika aparat daerah tidak turun tangan dalam menanggani masalah hancurnya jalan Limau Sundai Pelangai Gadang. Warga khawatir dengan keadaan jalan yang seiring waktu bertambah hancur.

“Jalan ini satu-satunya akses kami untuk keluar desa, jika terlalu lama dibiarkan tentulah kondisi jalan ini makin menimbulkan korban kecelakaan bagi pengendara roda dua, sedangkan perangkat nagari hanya diam dan tidak ada penjelasan, tentu kami sebagai warga yang harus turun tangan, karena kami yang menggunakan jalan,” jelas Ema warga lainnya.

Selanjutnya 1 2