Usaha Kripik Singkong Rumahan di Langkat, Angkat Ekonomi Keluarga

Usaha rumahan Keripik singkong di Langkat,Sabtu (14/12/2019)/dok foto hK2

Langkat, halKAhalKI.com |Usaha rumahan pembuatan kripik ubi atau singkong mulai mengeliat dan keberadaannya semakin banyak di beberapa Kecamatan Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Usaha rumahan yang tergolong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tersebut ternyata mampu mengangkat perekonomian keluarga. Para pelaku usaha yang tadinya hanya sekedar menjual kripik singkong yang siap edar dari pengusaha kripik merek dagangnya Keripik Cinta milik Hendro maupun Keripik Rindu milik Lilik yang berada di jalan lintas Sumatera Desa Air Hitam Kecamatan Gebang, Langkat, Sumatera Utara.

Kini,mereka mengolah sendiri singkong menjadi kripik dan menjual produksinya di beberapa kawasan yang berada di lintas Sumatera, mulai dari Kecamatan Wampu hingga ke Kecamatan Gebang.

"Kami sekarang tidak lagi mengandalkan keripik siap edar dari pengusaha keripik yang ada, meski masih ada beberapa kawan - kawan yang mengambil keripik siap edar untuk dijual keliling di pemukiman di Medan, Binjai, Brastagi dan Aceh," ujar Tiar salah satu pelaku usaha rumahan tersebut.

Selanjutnya 1 2 3