Johan Imanuel, Komunitas Peduli BPJS Kesehatan

Tanggapan Komunitas Peduli BPJS Kesehatan atas Perpres 75/2019

Johan Imanuel Juru Bicara Komunitas Peduli BPJS Kesehatan

Mengenai kenaikan Iuran BPJS Kesehatan, kami dari Komunitas Peduli BPJS Kesehatan menyikapi bahwa kenaikan tsb merupakan solusi mundur sehingga Perpres 75/2019 berpotensi untuk di uji materiil oleh peserta yang bisa dibilang kecewa atas kebijakan ini.

Apabila mengacu pada UU SJSN maupun UU BPJS maka dapat kami uraikan sebagai berikut

Dalam UU SJSN yang patut diperhatikan oleh Pemerintah terkait kenaikan iuran BPJS Kesehatan yaitu Dalam Pasal 27 ayat (3) UU SJSN disebutkan bahwa Besarnya iuran jaminan kesehatan untuk peserta yang tidak menerima upah ditentukan berdasarkan nominal yang ditinjau secara berkala. Penjelasan Pasal tersebut Pengertian secara berkala dalam ketentuan ini adalah jangka waktu tertentu untuk melakukan peninjauan atau perubahan sesuai dengan perkembangan kebutuhan.

Menjadi pertanyaan apakah perkembangan kebutuhan ini terkait dengan kebutuhan peserta tersebut? Apakah tinjauan berkala benar sudah dilakukan? Namun bagaimanakah hasilnya? Bentuk kajiannya seperti apa? Melihat banyaknya kalangan menolak kenaikan iuran justru momentum ini bukan merupakan kebutuhan dari peserta. Justru peserta lebih tenang apabila pelayanan kesehatan melalui kepesertaan BPJS Kesehatan ditingkatkan dari sistem pelayanan kesehatan, sistem kendali mutu pelayanan, dan sistem pembayaran pelayanan sebagaiman ditegaskan pada Pasal 24 ayat (3) UU SJSN.

Selanjutnya 1 2 3