Osmar Tanjung, Sekjen Pusat Kajian dan Pengembangan Berdikari

Peranan Sosial Kebudayaan Kebun Raya

Osmar Tanjung,Sekjen Pusat Kajian dan Pengembangan Berdikari

Kebun Raya, pada dasarnya dikembangkan sebagai sebuah konsep yang bermanfaat bagi negara, sebagai tempat untuk riset ilmiah dan konservasi yang menyimpan koleksi tanaman hidup secara jangka panjang, termasuk spesies tanaman dan ‘bank benih’.

Sebagai sebuah institusi, Kebun Raya dapat memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk menikmati alam, (mengingat semakin banyak orang tinggal di daerah yang mengalami urbanisasi) serta menyediakan sebuah tempat yang menimbulkan kesejahteraan fisik dan psikologis.

Selain hal di atas, Kebun Raya berpotensi untuk dikembangkan lebih jauh agar memiliki peranan sosial kebudayaan. Dari isu-isu ketahanan pangan, ketahanan menjaga integrasi perkotaan, ekonomi hijau, keberlanjutan dan penanganan perubahan iklim, Kebun Raya dapat dikembangkan lebih jauh dengan memasukan isu-isu kesehatan dan pengobatan, kesejahteraan komunitas, inklusi sosial, pembelajaran sepanjang hayat dan rasa kebhinnekaan.

Kebun Raya dapat juga dijadikan sebuah museum terhadap kekayaan keragaman warisan alam dan budaya rakyat Indonesia.

Selain menawarkan program yang melibatkan masyarakat secara langsung, Kebun Raya juga bisa memfasilitasi jaringan-jaringan komunitas seperti kelompok pertanian perkotaan, perusahaan teknologi hijau, seniman lingkungan, masyarakat kebun, kelompok rehabilitasi kejuruan, praktisi seni, budaya dan lainnya untuk bertemu, mendiskusikan dan bekerjasama dalam menjaga kualitas hidup manusia dan pertukaran pengetahuan antar komunitas dan kelompok masyarakat lainnya.

Selanjutnya 1 2 3 4