Pembangunan Infrastruktur dan Sarana Sosial usul Masyarakat di Musrenbangdes Perk Pulo Rambung, Bohorok

Langkat, halKAhalKI.com | Pembangunan infrastruktur dan saran prasaran pendukung kebutuhan sosial kemasyaraktan mendominasi usulan masyarakatdari 4 Dusun yang dikumpulkan melalui musyawarah dusun.

Hal ini diungkapkan Kepala Desa Perkebunan Pulo Rambung Kecamatan Bahorok Nuraida Lubis dalam musyawarah perencanaan pembangunan desa (musrenbangdes)  di kantor desa, Rabu (29/7/2020).

"Usulan dari empat Kepala Dusun (kadus). Diantaranya leining paret,  dipemukiman pondok masyarakat/karyawan. Selain itu, pembinaan kemasyarakatan seperti pengadaan sarana dan alat olah raga. Sound system serta alat kelengkapannya,  serta lampu penerangan jalan dusun turut diusulkan," ujat Nuraini. 

Sementara Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan (Kasi PMD) kecamatan Bohorok, Yahyan SE menjelaskan bahwa kebutuhan terpenting menjadi skala prioritas. 

"Nantinya akan dibahas dan difinalkan oleh tim sebelas yang dibentuk  desa sebagai perumus  untuk diusulkan," Kata Yahyan.

"Realisasi usulan akan tertampung pada anggaran Dana Desa, Alokasi Dana Desa serta APBD Langkat dan APBD Provinsi sumut. Tergantung kebutuhan dan penyesuaian anggaran,"papar Kasi PMD Kecamatan Bohorok.

Yahyan juga menjelaskan, hanya saja usulan tersebut tidak langsung terealisasi, butuh penyesuaian ketersediaan anggaran tahun 2021 mendatang.

Menurutnya, ditahun mendatang akan dibangun pengadaan air bersih bersumber APBD provinsi Sumut, butuh pembebasan lahan. "Pemerintah Desa kurangnya berkordinasi dengan pihak perusahaan PT PP Lonsum Pulo Rambung-Estate," sebut Yahyan.

Dalam Murembangdes tersebut juga dihadiri oleh Kanit Bimas Polsek Bohorok,  Aiptu Sumartono,  Bhabinkamtibmas, Bripka Indra, Manager PT PP Lonsum Pulo Rambung,  Ir Irwansyah, Pendamping Lokal Desa (PLD)  Susi Widari, BPD,  LPMD serta kaur/perangkat desa dan bidan desa. /mig