Osmar Tanjung

Para Medik dan Ventilator

Osmar Tanjung./dok foto.OT

Oleh Osmar Tanjung

Keputusan Menteri Kesehatan nomor 1778 tahun 2020 adalah sebuah pedoman tatalaksana pelayanan Intensive Care Unit (ICU) yang sekarang disebut IGD (Intensif Gawat Darurat) yang dipimpin oleh seorang dokter spesialis anestisia atau dokter spesialis yang terlatih ICU atau dokter intensivis yang biasanya punya sertifikat Konsultan Intensive Care (KIC).

IGD sebagaimana namanya adalah tempat pertama pasien ditempatkan karena ke daruratannya. IGD sebagai garda terdepan dari sistem rumah sakit memiliki tenaga-tenaga terampil seperti dokter spesialis dan para medik. Para medik karena skillnya adalah mereka yang pertama kali mengurus pasien di IGD, baik ketika menjemput pasien dengan ambulans hingga ke tempat IGD.





Ketrampilan para medik berbeda dengan keahlian seorang dokter. Hampir dapat dikatakan seorang dokter tidak punya ketrampilan pertolongan pertama kepada pasien (first aid).

Selain Italy, Indonesia salah satu negara dengan ratio kematian Covid 19 tertinggi. Dan sejauh ini, lebih banyak yang meninggal ketimbang yang sembuh. Sebagai perbandingan, Malaysia 3.963 positif, 63 mati, 1.321 sembuh. Indonesia 2.956 positif, 240 mati, 222 sembuh (data 8 April 2020).

Selanjutnya 1 2