Gubsu Panen Jagung di Purwobinagun, Langkat

halKAhalKI.com, Langkat -  Tekhnologi dan pola musim tanam serta pemupukan yang teratur bisa meningkatkan hasil produksi jagung, hal init dinyatakan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi,saat dirinya bersama Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin-Angin melakukan melakukan panen jagung perdana dan penanaman bibit jagung berkwalitas dilahan pertanian di Desa Purwobinangun Kecamatan Sei Bingai Kabupaten Langkat, Senin (1/4/2019).

"Jadi kalau selama ini petani dari tanaman jagungnya hanya bisa diproduksi 7 - 8 ton/hektar, dengan cara pemupukan yang teratur dan pola pengolahannya ditingkatkan, kemungkinan besar dapat menambah produksi panen jagung hingga 9 ton/hektar", tutur Edy Rahmayadi

Edy Rahmayadi juga menjelaskan, pihaknya melalui Dinas Pertanian sedang mengupayakan terobosan, sistem dan teknologi pertanian untuk meningkatkan hasil panen petani jagung.

"Dalam mensejahterakan petani, harga jual hasil panen perlu dalam pengawasan sehingga tidak anjlok sewaktu petani panen. Tentunya mutu produksi dan berkwalitas hasil panen harus dijaga, sebagai salah satu faktor kestabilan harga", paparnya.

Sedangkan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan Ketapang) Langkat Nasiruddin didampingi Sekdakab Langkat dr Indra Salahudin mengatakan, panen jagung perdana secara simbolik dilakukan Gubernur seluas 10 hektar./mis