Duta Tanjak, ‘Duta’ UMKM Tanjak Produksi Langkat

Langkat, halKAhalKI.com | Tanjak merupakan salah satu aksesoris pakaian untuk lelaki di Melayu, tanjak digunakan pada bagian kepala sebagai simbol masyarakat Melayu. Meskipun sebagai pelengkap, namun jika tidak digunakan serasa tak sempurna pakaian Melayu yang digunakan tersebut. tanjak biasa dipakai masyarakat berbagai kalangan masyarakat Melayu, lintas status sosial.

Selain itu Tanjak yang biasanya digunakan lelaki saat ingin pergi keluar rumah, layaknya sebuah songkok memiliki lambang kewibawaan dikalangan masyarakat Melayu, semakin tinggi dan kompleks bentuknya akan menunjukkan semakin tinggi pula status sosial sipemakainya.

Di Kabupaten Langkat tanjak mulai memasyarakat dan digunakan kaum lelaki dalam pergaulan sehari hari maupun pertemuan resmi.

Ada beberapa UMKM yang memproduksi tanjak Melayu di Kabupaten Langkat, salah satunya Duta Tanjak yang memproduksi tanjak secara rumahan atau home industri. Duta Tanjak memproduksi tanjak dengan berbagai corak dan warna yang mencitrakan Melayu.

Selanjutnya 1 2 3