Dirjen Politik dan PUM: Pilkada Merupakan Momentum Atasi Covid-19 dan Menjadi Stimulus Ekonomi Masyarakat

Jakarta, halKAhalKI.com | Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar mengungkapkan, Pilkada merupakan momentum untuk bangkit bersama untuk mengatasi Covid-19. Hal itu disampaikannya selepas mendampingi Mendagri Muhammad Tito Karnavian bertemu Ketua dan Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) pada Rabu, (29/07/2020) di Kantor Kemendagri, Jakarta.

“Bukan hanya soal kesehatannya, termasuk juga dampak sosial ekonominya,” kata Bahtiar.

Bahtiar juga optimistis Pilkada akan berjalan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan dan aman dari Covid-19. “Mendengarkan kawan-kawan dari penyelenggara dalam hal ini termasuk KPU dan Bawaslu, teman-teman penyelenggara itu sudah mendeklarasikan gerakan perlawanan terhadap Covid-19,” kata Bahtiar.





Bahtiar berharap, para penyelenggara dapat berperan sebagai agen-agen untuk mensosialisasikan protokol kesehatan. “Nah, kemampuan Pemerintah dan Pemda untuk mensosialisasikan protokol kesehatan kan terbatas. Ini ada 3 juta lebih penyelenggara nanti di TPS itu, yang 10 orang setiap TPS. Berarti ada 3 juta lebih, mereka nanti akan mensosialisasikan juga soal protokol-protokol kesehatan,” ujar Bahtiar.

Selanjutnya 1 2