Dinas Koperasi dan UKM Langkat,Ajak Warga Lau Damak Kembangkan KUBE

halKAhalKI.com, Langkat | Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menegah (UKM) Kabupaten Langkat melaksanakan sosialisasi pengembangan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) bagi masyarakat Desa Lau Damak Kecamatan Bohorok. Rabu (19/62019).

Kepala Bidang Usaha Kecil Menengah Dinas Koperasi dan UKM Jamal Ritonga dalam paparannya menyebutkan, Sosialisasi tersebut untuk memberikan pencerahan bagi masyarakat Lau Damak dimana Pemandian Alam Batu Katak berlokasi.

"Kepercayaan, rasa kekeluargaan dalam kebersamaan menjadi kunci awal mendirikan dan mengembangkan unit usaha koperasi. Kelompok usaha bersama mampu meningkatkan ekonomi kelompok," sebut Jamal Ritonga.

lanjut Jamal, "unit usaha Kube berawal dari kecil berkembang hingga menjadi besar dan mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat yang tergabung dalam suatu Kelompok usaha."

Jamal juga menegaskan hendaknya para pelaku usaha kecil selayaknya menyatukan presepsi yang saling sinergi sehingga target dan sasaran tercapai khususnya dalam mengelola potensi yang ada.

"Apalagi Desa Lau Damak merupakan gerbang masuk menuju obyek wisata pemandian alam Batu Katak., peluang terse but bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mengolah produksi pertanian menjadi aneka makanan/kuliner seperti keripik, emping serta lainnya," tandas Kabid UKM tersebut.

Dalam kesempatan tersebut Jamal Ritonga selaku Kabid UKM menyebutkan untuk tahun ini (2019) program Dinas Koperasi dan UKM Langkat alkan memberikan bantuan berupa mesin jahit, mesin bordir, peralatan salon serta perlengkapan pembuat kue bagi pelaku home industri di Kabupaten Langkat .

Penyaluran melalui kelompok yang membuat proposal yang merupakan hasil musyawarah rencana pembangunan desa (musrenbangdes) yang ditindaklanjuti oleh Badan perencanaan pembangunan daerah (Bappeda)

Beberapa warga sangat mengapresiasi kegiatan Dinas Koperasi dan UKM Langkat tersebut dan berharap kelompoknya bisa mendapatkan bantuan dari Dinas Kopersai dan UKM Kabupaten Langkat.

"Setidaknya mampu membuka dan meningkatkan wawasan Sumber Daya masyarakat tentang koperasi,.Seiring perkembangan jaman, masyarakat juga selayaknya merubah pola pikir dari pertanian dan perkebunan rakyat perlahan membuka diri menggeluti dunia usaha diawali dari indutri rumah tangga," ujar Ngemat yang didaulat masyarakat untuk ikut dalama Pemilihan Kepala Desa Lau Damak yang akan datang,/meg