4 Ranperda Inisiatif DPRD Langkat di Tetapkan.

Ketua Bapemperda Drs. Pimanta Ginting menyerahkan laporan penjelasan 4 Ranperda kepada Pimpinan DPRD, Kamis (9/7/2020).

Langkat, halKAhalKI.com | Empat Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang merupakan inisiatif DPRD Kabupaten Langkat ditetapkan DPRD Langkat melalui rapat paripurna tentang penetapan draf Ranperda inisiatif DPRD menjadi Ranperda inisiatif, Kamis (9/7/2020).

Kempat Ranperda tersebut yakni Ranperda Ketahanan Keluarga, Ranperda Kabupaten Layak Anak, Ranperda Pengelolaan Wisata Mangrove dan Ranperda Ruang Terbuka Hijau.

Persetujuan penetapan tersebut disepakati setelah Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Langkat Drs. Pimanta Ginting merinci secara detail latar belakang dan tujuan penyusunan Ranperda, sasaran yang ingin diwujudkan dan ruang lingkup yang akan diatur dalam Ranperda.

Kemudian Ketua DPRD Langkat Surialam, SE yang memimpin paripurna mempertanyakan kepada anggota DPRD yang hadir di rapat menolak atau menyetujui penetapan tersebut dan akhirnya Ketua DPRD Langkat mengetuk palu sidang sebanyak satu kali tanda sebagai tanda keempat Ranperda tersebut ditetapkan setelah sebelumnya anggota DPRD Langkat disetujui untuk ditetapkan.

Sebelumnya Surialam memaparkan proses panjang yang dilalui sampai diambilnya keputusan hari ini, dimulai dari paripurna pengambilan keputusan usul judul Ranperda inisiatif, penetapan dalam program pembentukan peraturan daerah, pembahasan di Bapemperda, pembuatan naskah akademik kemudian dilakukan konsultasi publik terhadap empat Ranperda.

“Proses yang begitu panjang ini hendaknya membuat kita semakin bersungguh-sungguh melahirkan empat Ranperda inisiatif yang berkualitas,” sebut Ketua DPRD Langkat. /ref